RSS Feed

Tahun Baru Masehi Vs Tahun Baru Hijriah

Masyarakat Indonesa di kenal dengan penganut Islam terbesar di dunia. Sebagai pemeluk Islam terbesar di dunia harusnya sejalan dengan kualitas dalam menjalankan ajaran agamanya, termasuk bagaimana mengetahui dan memperingati hari-hari besar Islam. Salah-satu hari besar itu adalah Tahun baru Hijriah (tahun baru Islam).

Namun dalam prakteknya umat Islam di Indonesia lebih menghargai perayaan tahun baru Masehi. Realitas ini menggambarkan bahwa islam belumlah dihayati secara mendalam. Tahun baru Islam yang merupakan identitas dari agamanya justru lewat begitu saja tanpa ada perayaan sedikit pun. Meskipun juga tak dapat kita nafikan, ada yang memperingatinya namun tergolong sangat sedikit dan bisa di katakan tidak ada. Dan jika dipersentasekan maka hanya sekian persen.

Sementara tahun baru Masehi, sungguh sangat meriah. Semua masyarakat Indonesia sangat antusias. Mereka (baca: umat islam Indonesia) merayakan bagaikan hari raya yang agamanya. Itulah fenomena saat ini. Inilah kontras antara tahun baru Masehi dan Hijriah.

Ditulis untuk memenuhi tugas akhir Komputer di IAIN Imam Bonjol Padang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: